Berita Daerah

“…GEBYAR NUSANTARA IPB 2010…” The Unity in Diversity


Pada 16-17 Oktober 2010, BEM KM IPB ( Badan Eksekutif Mahasiswa- Institut Pertanian Bogor ) menyelenggarakan “…Malam Puncak Gebyar Nusantara…” di Gedung Graha Widya Wisuda Bogor. Gebyar Nusantara atau Genus ini merupakan acara tahunan untuk mengapresiasi kemajemukan seni budaya, agama, bahasa dan suku di Indonesia. Acara ini diikuti oleh OMDA ( Organisasi Mahasiswa Daerah ) yang merupakan suatu wadah untuk bersosialisasi antar mahasiswa yang berdomisili sama dan notabene “…Merantau…” jauh dari daerah asalnya, untuk saling membantu dan bertukar pengalaman. Saat Tim Redaksi NRM ( Nasionalis Rakyat Merdeka ) memasuki gedung acara yang sudah disesaki pengunjung, disana telah tersusun rapi sekitar 20 stand OMDA yang memeriahkan acara ini. Di sayap kiri gedung terdiri dari Himpunan Mahasiswa Nanggroe Aceh hingga DKI Jakarta, dan di sayap kanan berisikan stand-stand dari mahasiswa Sunda, Jawa, hingga Sulawesi.

"..lomba kuliner tradisional.."

Melalui stand-stand ini, pengunjung dapat mengetahui potensi masing-masing daerah baik dari segi alam, budaya, kuliner,dan potensi-potensi unggulan lain yang terdapat di masing-masing daerah.

Gemuruh tepuk tangan mengalihkan perhatian pengunjung ke panggung utama, dimana para duta daerah berpasang-pasangan naik ke atas panggung dengan membawa hasil olah kuliner daerah masing-masing . Demikianlah cuplikan salah satu ajang seni kuliner yang diperlombakan dalam acara GENUS ( Gebyar Nusantara ) kali ini. Malam puncak dimulai pada pukul 19.30 wib dan  masih akan dihiasi dengan berbagai kesenian daerah seperti tari Gending Sriwijaya dari Sumsel, Reog Ponorogo dari Jawa Timur, Debus dari Banten, Kecak dari Bali, dan sebagainya. Melalui Acara GENUS ini, pengunjung banyak memperoleh wawasan seputar tradisi, keunikan alam, budaya dan sejarah berbagai provinsi di Indonesia sehingga meningkatkan kebanggaan akan berbangsa, berbudaya dan bertanah air Indonesia.
Motivasi Panitia acara pun adalah untuk menonjolkan Unity in Diversity, Dimana para mahasiswa yang beridentitas berbeda-beda ini dapat bersatu dalam satu institusi yaitu Institut Pertanian Bogor atau Bogor Agricultural Unversity. Dan secara umum yaitu di Indonesia, yang merupakan tempat dimana perbedaan suku, agama, bahasa, dan budaya yang ada dapat menjadi satu kesatuan yang harmoni.Tujuan lain dari acara ini adalah untuk meningkatkan dukungan terhadap produk dan seni budaya lokal. Selesai meliput acara Gebyar Nusantara IPB 2010 ini, tim redaksi NRM dimintakan kesediaannya untuk melakukan poling suara untuk stand terfavorit.  Sungguh kami bingung untuk menentukan pilihan terfavorit kami karena semua yang ditampilkan sangat unik sekaligus menarik….!!

Oleh : D.P. Ganatri

Tinggalkan komentar